Polres Gresik Gelar Peralatan Dalam Rangka Penanggulangan Bencana.

Berita, Polisi50 Dilihat

Gresik. Mediabangsanews.com ||Apel gelar pasukan dan peralatan dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana hidrometeorologi di Kabupaten Gresik, apel dilaksanakan di halaman Mapolres Gresik. Dipimpin langsung Kapolres Gresik, AKBP Adhitya Panji Anom, Senin, 04/12/2023

Kapolres Gresik, AKBP Adhitya Panji Anom menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kapasitas serta mempersiapkan seluruh potensi baik sumber daya manusia maupun peralatan yang akan digunakan untuk mengantisipasi dalam rangka menghadapi bencana alam tahun 2023-2024 di wilayah Kabupaten Gresik.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022, bencana banjir menduduki peringkat pertama sebanyak 45% atau 153 kejadian, selanjutnya menempatkan beliung 26% dan bencana tanah longsor sebanyak 12% atau 56 kejadian. Hal ini menunjukkan bahwa sekitar 89% total bencana di Jawa Timur didominasi oleh bencana hidrometeorologi.

Baca Juga  Diduga Banyak Tumbuh Subur Kavling Ilegal di Wilayah Kec. Kedamean Ketua LSM FPSR Akan Melaporkan.

Dengan adanya potensi peningkatan curah hujan pada periode musim hujan, maka perlu dibangun kewaspadaan, mitigasi dan kesiapsiagaan darurat bencana hidrometeorologi dari berbagai elemen masyarakat terhadap potensi lanjutan dari curah hujan tinggi yang berpotensi memicu bencana hidrometeorologi.

Adapun hal-hal yang perlu dipedomani dan dilaksanakan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana hidrometeorologi di Kabupaten Gresik,

Mulai dari meningkatkan kewaspadaan karena saat ini sudah memasuki musim penghujan, dengan sinergitas dan kolaborasi pemangku kepentingan dari TNI, Polri, Pemkab, dan seluruh elemen masyarakat dalam rangka pengelolaan sumber daya udara dan pengurangan risiko bencana di wilayah Kab. Gresik dan antisipasi melalui mitigasi bencana untuk meminimalisir dampak-dampak yang akan timbul dari bencana tersebut.

Baca Juga  Kabareskrim Polri Pimpin Apel Gelar Pasukan OPS Aman Bacuya 2023 Cek Kesiapan Pengamanan Piala Dunia U-17

Apel gelar pasukan ini sebagai momentum yang tepat bagi satuan pelaksanaan penanggulangan bencana untuk melakukan sinergi dan konsolidasi.

“Kegiatan ini juga merupakan bukti bahwa TNI-Polri dan Pemkab Gresik siap menghadapi bencana alam serta siap memberikan bantuan secara optimal kepada masyarakat khususnya menjelang Hari Raya Natal 2023, Tahun Baru 2024, dan Pemilu Serentak Tahun 2024.” Ucap Kapolres Gresik

Apel gelar pasukan dan peralatan dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana hidrometeorologi di Kabupaten Gresik merupakan langkah penting untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana alam.

“Kegiatan ini juga merupakan bukti komitmen TNI-Polri dan Pemkab Gresik untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari bencana alam,” tegasnya.

Baca Juga  Sosper Tahap III, DPRD Gresik Hj. Lilik Hidayati Sampaikan Pentingnya Sinergitas Masyarakat Bersama Pemerintah

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *